Apa Itu OJT PSPP?

OJT PSPP untuk jurusan Staff Penerbangan AVSEC dan Pramugari

Sebagai sekolah penerbangan terbaik di Indonesia, PSPP Penerbangan rutin mengadakan OJT di tiap angkatan. OJT yang merupakan kepanjangan dari On the Job Training adalah praktik kerja di Maskapai maupun bandara dengan penempatan sesuai jurusan siswa.

Lebih lengkapnya, OJT adalah metode untuk mengajarkan skill, pengetahuan, dan kompetensi yang dibutuhkan oleh siswa untuk melakukan suatu pekerjaan yang spesifik dalam perusahaan. Siswa PSPP akan terjun secara langsung dalam lingkungan dimana mereka harus mempraktekkan pengetahuan dan skill yang didapatkan dari training

Manfaat OJT PSPP Bagi Para Siswa:

OJT sering dilangsungkan oleh lembaga pelatihan kerja karena bnyak keuntungan yang didapatkan. Adapun keuntungan saat melakukan On Job Training di dunia penerbangan, antara lain:

  • Para siswa bisa menambah pengetahuan seputar dunia penerbangan yang sesungguhnya dan meningkatkan keterampilan serta keahlian di bidangnya.
  • Perusahaan penerbangan ataupun yang berhubungan dengan dunia penerbangan mendapatkan bantuan tenaga dari peserta didik yang melakukan On Job Training.
  • Adanya kerjasama/hubungan baik antara maskapai dan ground handling dengan dunia pendidikan sehingga sekolah dapat meningkatkan kualitas lulusannya melalui pengalaman kerja di bidang penerbangan.
  • Mampu meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan-pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh untuk jurusan Pramugari, apa saja yang sering dilangsungkan saat program On the Job Training? Untuk kegiatan OJT PSPP pada program studi Pramugari mayoritas Lembaga Pendidikan Pramugari hanya memiliki program Visit Aircraft saja.

Penampilan siswa saat melakukan OJT PSPP

Visit Aircraft adalah kegiatan mengunjungi salah satu pesawat yang sudah tidak terbang atau pesawat bekas yang dijadikan sarana edukasi/pelatihan. Dari situ kita bisa belajar tentang bagian-bagian pesawat beserta fungsinya. Di mana kita bisa mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pesawat dan mesin-mesinnya. Namun, hal tersebut dilangsungkan ketika pesawat tidak dalam kondisi terbang.

Pada umumnya sekolah penerbangan jurusan pramugari ketika mengikuti program OJT, hanya akan ditempatkan di staff pendamping di bandara yaitu membantu staff Ground Handling. Karena yang memiliki otoritas untuk memberikan pelatihan kerja di pesawat adalah pihak maskapai yang disebut dengan istilah Flight Training.

Pengalaman yang didapatkan saat Flight Training adalah menjalankan segala tugas dan kewajiban Pramugari dari mulai take off sampai landing di bawah pengawasan instruktur pramugari yang bersertifikasi.

Sekolah Pramugari Terbaik dan Terakreditasi A

Di setiap tahun, PSPP Penerbangan rutin melangsungkan kegiatan On the Job Training kepada para siswa-siswi. Baik dari jurusan AVSEC, Staff Penerbangan, dan Pramugari.

OJT PSPP berbeda dengan OJT di Sekolah Penerbangan lain. Bahkan PSPP Penerbangan menggunakan metode pengenalan langsung kepada peserta didik pada saat OJT. Sebagai contoh untuk program Pramugari, kegiatan OJT sering melakukan kegiatan sebagai berikut:

  • Tutorial dan praktek langsung dalam pesawat peraga (trial to open and and close the door, trial to open and close overwing exit)
  • Tutorial dan praktek emergency equipment
  • Evacuation demo
  • Safety demo
  • Service on board, dan lain sebagainya

Untuk bisa menjadi pramugari, fokus utama bukan sekedar melakukan OJT PSPP saja. Karena fokus utama adalah harus mengikuti proses recruitment yang ada di maskapai. Jadi, goal nya adalah harus ikut test dan lolos seleksi. Selain itu, bagaimana meningkatkan penampilan supaya lolos dari test performance, meningkatkan skill interview dan tingkatkan kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris.

Nah, untuk memenuhi itu semua tentu tidak akan mudah. Setidaknya kamu perlu mengikuti program pendidikan sekolah pramugari terlebih dahulu. PSPP Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik dan telah memiliki akreditasi A.

Daftar Sekolah Penerbangan Terbaik

Bangun karirmu di dunia penerbangan bersama PSPP Penerbangan

Bagikan Artikel ini di:

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Artikel Lainnya

Uncategorized

Besaran Gaji Staff Bandara di Indonesia

Berapa sih gaji yang di dapat oleh staff bandara atau staff penerbangan? Pada umumnya gaji staff bandara junior di indonesia berkisar antara Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000

Tugas Staff Bandara adalah
Staff Penerbangan

Apa Saja Tugas Staff Bandara?

Staff Bandara atau ground staff atau Staff Penerbangan adalah petugas yang berada di bandara. Tugas utama seorang Staff Penerbangan adalah melayani semua penumpang yang ingin melakukan penerbangan. Dimulai sejak

error: Content is protected !!