Syarat Menjadi Pramugari Garuda Indonesia

Pramugari Garuda indonesia

Pramugari Garuda Indonesia adalah perwakilan maskapai nasional yang memainkan peran penting dalam memberikan pengalaman penerbangan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi penumpang. Menjadi seorang pramugari di maskapai bergengsi ini bukanlah hal yang mudah, dan ada serangkaian syarat yang harus dipenuhi oleh calon kandidat. Di sinilah peran sekolah pramugari menjadi penting, sebagai tempat untuk mendapatkan pelatihan dan persiapan yang diperlukan sebelum melangkah ke dunia profesional penerbangan. Berikut ini syarat menjadi pramugari Garuda Indonesia.

 

Garuda Indonesia: Maskapai Terkemuka dengan Standar Tinggi

Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia yang dikenal di seluruh dunia karena layanan berkualitasnya. Sebagai maskapai bintang lima, Garuda Indonesia menempatkan standar yang tinggi untuk karyawannya, termasuk pramugari. Mereka mencari individu yang tidak hanya memiliki penampilan menarik, tetapi juga memiliki keterampilan komunikasi yang baik sebagai Syarat Menjadi Pramugari Garuda Indonesia, dedikasi untuk memberikan pelayanan pelanggan yang luar biasa, dan kemampuan untuk bekerja dalam situasi yang menuntut.

 

Syarat Menjadi Pramugari Garuda Indonesia

1. Persyaratan Umum:

  1. Kewarganegaraan: Calon pramugari Garuda Indonesia harus merupakan warga negara Indonesia.
  2. Kesehatan: Sehat jasmani dan rohani
  3. Usia: minimum 18 tahun dan maksimum 27 tahun saat pendaftaran
  4. Tinggi badan: minimum 158 cm dan maksimum 172 cm, dengan berat badan ideal dan postur tubuh proporsional
  5. Pendidikan: minimum SMA/SMK/Sederajat, lebih diutamakan lulusan D3 ke atas
  6. Kesehatan Mata: Tidak menggunakan kacamata (lensa kontak boleh dengan ketentuan maksimal minus -3.00, silindris C -1.00)

2. Kualifikasi dan Kemampuan:

  • Kesehatan: Menyertakan surat keterangan sehat dari dokter, serta tidak memiliki cacat fisik yang mengganggu pekerjaan sebagai pramugari.
  • Kemampuan Bahasa: Mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan.
  • Kemampuan Interpersonal: Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, ramah, serta dapat berinteraksi dengan berbagai macam orang.
  • Keterampilan Penanganan Darurat: Siap untuk mengikuti pelatihan dan memiliki pengetahuan dasar dalam penanganan keadaan darurat di udara.

3. Dokumen yang Diperlukan:

  • Fotokopi KTP: Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku.
  • Fotokopi Ijazah: Ijazah SMA atau sederajat yang telah dilegalisir.
  • Surat Keterangan Sehat: Surat keterangan dari dokter yang menyatakan bahwa calon pramugari dalam keadaan sehat untuk menjalani tugas sebagai pramugari.
  • Pas Foto: Pas foto terbaru dengan latar belakang berwarna biru atau putih, ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar.

4. Tahapan Seleksi:

  • Pendaftaran Online: Melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi Garuda Indonesia.
  • Seleksi Administrasi: Seleksi berkas dan dokumen yang telah diunggah oleh calon pramugari.
  • Tes Psikologi: Mengikuti tes psikologi untuk menilai kepribadian dan kemampuan interpersonal.
  • Tes Kesehatan: Melalui pemeriksaan kesehatan yang meliputi tes fisik dan psikis.
  • Wawancara: Mengikuti wawancara dengan pihak HRD dan tim rekrutmen Garuda Indonesia.
  • Pelatihan Dasar: Calon pramugari yang lolos seleksi akan menjalani pelatihan dasar untuk mempersiapkan mereka dalam menjalankan tugas sebagai pramugari Garuda Indonesia.

 

Hubungan dengan Sekolah Pramugari

Sekolah pramugari memainkan peran penting dalam mempersiapkan calon pramugari untuk menghadapi tantangan dan tugas yang ada di dunia penerbangan. Berikut adalah beberapa cara di mana sekolah pramugari dapat membantu calon pramugari dalam memenuhi Syarat Menjadi Pramugari Garuda Indonesia:

  1. Pelatihan Profesional: Sekolah pramugari menyediakan pelatihan intensif yang mencakup berbagai aspek keahlian yang diperlukan dalam profesi pramugari, termasuk keterampilan komunikasi, penanganan konflik, pengetahuan tentang keselamatan penerbangan, dan prosedur operasional.
  2. Persiapan Fisik dan Mental: Melalui simulasi situasi darurat dan latihan interaksi dengan penumpang, sekolah pramugari membantu calon pramugari untuk mengembangkan kesiapan fisik dan mental yang diperlukan untuk bekerja di lingkungan yang dinamis dan kadang-kadang menuntut.
  3. Pemahaman tentang Industri Penerbangan: Sekolah pramugari juga menyediakan pengetahuan tentang industri penerbangan secara umum, termasuk pemahaman tentang peraturan dan standar yang berlaku di industri ini.
  4. Koneksi dengan Industri: Banyak sekolah pramugari memiliki koneksi dengan maskapai penerbangan, termasuk Garuda Indonesia. Ini dapat membantu calon pramugari dalam mendapatkan akses ke informasi tentang proses rekrutmen, peluang magang, atau bahkan penempatan kerja setelah lulus.

Dengan demikian, sekolah pramugari tidak hanya memberikan pelatihan teknis yang diperlukan, tetapi juga membantu calon pramugari untuk memahami peran dan tanggung jawab mereka sebagai pramugari, serta memberikan persiapan yang komprehensif untuk menghadapi tantangan di industri penerbangan.

Poin Penting Syarat Menjadi Pramugari Garuda Indonesia

Menjadi seorang pramugari Garuda Indonesia adalah impian bagi banyak orang yang tertarik dengan dunia penerbangan. Namun, untuk mencapai impian tersebut, calon pramugari harus memenuhi Syarat Menjadi Pramugari Garuda Indonesia yang ketat dan mempersiapkan diri dengan baik. Sekolah pramugari adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan pelatihan dan persiapan yang diperlukan sebelum memasuki industri penerbangan yang menuntut ini. Dengan kombinasi antara syarat yang ketat dan persiapan yang matang dari sekolah pramugari, calon pramugari memiliki peluang yang lebih baik untuk meraih kesuksesan dalam karier mereka di Garuda Indonesia dan industri penerbangan secara umum.

Tanya Admin PSPP

Ayo konsultasikan dulu ke Admin PSPP Penerbangan. Kami siap bantu kamu berkarir di dunia penerbangan

Bagikan Artikel ini di:

Artikel Lainnya